Senin, 21 Mei 2012

Sejarah Tuhan

Beberapa waktu terakhir ini saya sedang membaca buku yang di tulis oleh Karen Armstrong yang judulnya dalam versi Indonesia adalah Sejarah Tuhan. Bukunya cukup tebal (hampir semua buku tulisan Armstrong yang saya temui cukup tebal). Saya sangat tertarik dengan cover bukunya ketika saya melihatnya untuk pertama kalinya. Latar belakangnya hitam, dan terdapat simbol-simbol agama samawi yang ada di dunia. yang terbersit dalam pikiran saya untuk pertama kalinya melihat judul buku itu adalah "bagaimana mungkin Tuhan punya perjalanan sejarah, Tuhan adalah sejarah itu sendiri". Kerena tertarik dengan cover bukunya (sebagian besar alasan kenapa saya membeli sebuah buku adalah karena saya tertarik dengan covernya, bahkan buku tulis sekalipun), saya pun membelinya, tentu saya juga penasaran dengan apa yang ditulis Armstrong dalam buku ini, karena saya tahu tulisan Armstrong bukanlah sebuah tulisan kosong belaka, setidaknya Armstrong telah melakukan riset mengenai apa yang ditulisnya, dan menurut pengalaman saya pada buku tulisan Armstrong yang saya baca sebelumnya - Perang Suci- Armstrong benar-benar menyajikan narasi yang menarik dan panjang tentunya, serta cukup detail. singkat cerita saya pun mulai membaca buku yang cukup tebal ini, dari apa yang saya tangkap pada pembacaan yang baru sampai bab 5, Armstrong ingin menjelaskan mengenai perjalanan "eksistensi" tuhan dalam kehidupan manusia, mulai dari masa pra-sejarah bagaimana manusia mulai menciptakan atau mengkonsepsikan sebuah kekuatan adikodrati di luar eksistensi dirinya, sesuatu kekuatan yang tak terjamah dan memberikan kehidupan dan kebinasaan, sampai munculnya tuhan dalam konsep yang lebih terlembagakan dalam bentuk agama. lebih khusus adalah agama samawi, Islam, Yahudi dan Kristen. seperti biasa Karen Armstrong menyajikan narasi yang cukup mendetail dan terkesan bertele-tele namun Armstrong menyajikan sebuah informasi yang cukup lengkap dengan sudut pandang yang mudah diterima, terutama ketika Armstrong menceritakan mengenai konsep-konsep yang berbau spritualitas dalam suatu agama. setidaknya dengan informasi yang diberikannya kita dapat memperoleh pemahaman baru dalam memandang agama yang kita anut. saya belum selesai membacanya, namun ternyata ada versi video yang mungkin dapat memberikan gambaran informasi mengenai apa yang ditulis Armstrong dalam bukunya ini, dan saya yakin melalui audio visual sebuah pesan akan labih mudah diterima (setidaknya ini berlaku untuk saya), baik, tidak usah panjang lebar lagi selamat menyaksikan. saran saya, bacalah bukunya juga.  

1 komentar:

  1. wah menarik juga nih buku kelihatannya bikin penasaran.. thanks infonya sobat, salam kenal juga!!

    BalasHapus