Minggu, 18 November 2012

Bunga Anggrek (Als de Orchideen Bloeien)

Dalam film Soegija ada salah satu lagu yang menarik perhatian saya, yakni lagu Als de Orchideen Bloeien atau dalam terjemahan bebasnya memiliki arti Ketika Bunga Anggrek Berkembang, namun dalam versi bahasa Indonesia lagu ini sering dikenal dengan judul Bunga Anggrek. Saya sangat familiar dengan lagu yang satu ini, karena sewaktu umur saya kurang lebih 3 atau 4 tahun, nenek saya sering menyanyikan atau sekedar menyenandungkan lagu ini, dalam versi bahasa Belanda tentunnya. Ketika itu saya tidak mengerti arti nyayian tersebut, sampai sekarang pun saya masih tidak mengerti arti lagu tersebut dalam bahasa Belanda. Namun karena hampir setiap hari saya mendengarnya, saya pun menjadi menyukainya, dan memiliki kenangan tersendiri yang berhubungan dengan nenek saya. Setelah nenek saya meninggal ketika saya duduk di bangku SMA, lagu itu seolah tidak pernah terdengar lagi oleh saya, sampai muncul dalam film Soegija. Ketika mendengar lagu tersebut seketika seolah saya terhanyut dalam memori masa kecil saya, dan lebih jauh entah kenapa saya pun larut dalam memori masa muda nenek saya, di era tahun 1930-1940an. Terlepas dari itu, lagu ini memang memiliki alunan musik yang indah, yang dapat membawa pendengarnya merasuk dalam sebuah imaji yang syahdu. Karena berbahasa Belanda, saya pikir lagu ini merupakan lagu produk Belanda, ternyata  lagu tersebut di ciptakan oleh seniman Indonesia Ismail Marzuki pada tahun 1939. 





Als de orchideen bloeien,
kom dan toch terug bij mij.
Nogmaals wil ik met je wezen,
zoveel leed is dan voorbij.
Als de orchideen bloein,
ween ik haast van liefdes smart.
Want ik kan niet bij je wezen,
g’lijk weleer, mijn lieve schat.
Reff :
Maar nu been je van een ander.
Voorbij is de romantiek.
Kom 
terug toch  bij mij weder.
Jou wergeten kan ik niet.
Als de orchideen bloeien,
dan denk ik terug aan jou.
Denk toen aan die zoete tijden,
toen je zei: Ik hou van jou.

10 komentar:

  1. Lagu ini yang benar ciptaan R. Sotedja

    BalasHapus
  2. Memang sangat indah lagu ini.. Meaki saya lahir di era 80an sy juga suka..... Berkah Dalem...

    BalasHapus
  3. lagu yg nikmat didengar lagu kasmaran sblm PD 2 thx wslm Athos saffar

    BalasHapus
  4. Saya yg anak th 90an suka bgt sama music nya...enak di denger, bikin inget masa" org tua kita :)

    BalasHapus
  5. Artinya dalem banget, sedih juga. Suka lagu ini ketika pertama denger pas kuliah. efeknya sekarang jadi ketagihan keroncong.

    BalasHapus
  6. Mengingatkanku pada alm bundaku...😭😭😭

    BalasHapus
  7. Saya lahir Januari 52, masih ingat sat ibu dan bpk saya menyanyikan lagu ini.
    Sampai saat ini sy masih sering msndengarkan lagu ini sambil mengenang masa kecil yg indah.

    BalasHapus
  8. Lg ini sering tak nyanyikan kala onair di radio

    BalasHapus