Selasa, 08 Mei 2012

Bahasa-bahasa


setiap bahasa di dunia ini memiliki struktur yang berbeda, tidak hanya pada masalah tata bahasanya tetapi juga pemaknaan yang dihasilkannya. itu jelas memang, sudah banyak literatur dan para ahli yang membahas mengenai hal tersebut. tapi saya sungguh tergelitik untuk mempertanyakan perihal penggunaan bahasa ini. dalam pengetahuan saya bahasa merupakan manifestasi dari kebudayaan manusia. bahasa merupakan salah satu produk budaya yang berfungsi untuk memproduksi dan mereproduksi pengetahuan. bahasa merupakan bentuk simbol dari makna-makna pengetahuan yang ada di seluruh dunia. pengetahuan sendiri terbangun dari kehidupan suatu masyarakat. pengetahuan adalah sebuah alat yang digunakan manusia untuk memahami dirinya dan lingkungan di luar dirinya. setiap kelompok manusia memiliki kehidupan yang bervariasi, sehingga pengetahuan yang terbangun pun berbeda-beda, begitu pula sistem bahasa yang tercipta kemudian. 
bahasa sangat berkaitan dengan makna. makna merupakan suatu hal yang dipahami oleh manusia sebagai pendeskripsian akan sesuatu, yang mana akan mempengaruhi bagaimana manusia akan bertindak dan bersikap kepada suatu hal. ini lah yang kemudian membentuk karakter dan ciri setiap manusia bahkan masyarakat. 
struktur bahasa dapat menggambarkan seperti apa karakter suatu masyarakat, bahkan sub masyarakat. Piere Bourdieu, memiliki istilah habitus untuk menjelaskan bagaimana setiap kelompok masyarakat memiliki ciri tersendiri antara satu dengan yang lainnya, bagaimana setiap masyarakat mendefinisikan bagian dari kelompok manakah dirinya. habitus sendiri saya artikan sebagai proses pendefinisian diri dalam eksistensinya di dunia. dalam proses tersebut tersebar simbol-simbol yang memiliki makna dan memberikan ciri. bahasa adalah salah satu dari simbol tersebut. tidak ada satupun bahasa yang akan memiliki pemaknaan yang sama persis dengan bahasa lainnya. ketika ada pengalihan bahasa, pasti akan terjadi penyesuaian bahasa, sesuai dengan karakter masyarakat. tidak pernah akan ada ditemukan padanan simbol yang benar-benar tepat atas sebuah bahasa. pasti akan ada sedikit bias. hal ini dikarenakan perbedaan habitus yang ada dalam masyarakat, bahkan di dalam suatu masyarakat tertentu yang memiliki bahasa yang sama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar