Sabtu, 16 Juni 2012

Renungan 2012

Manusia hidup dalam suatu kehidupan yang terus bergerak. Konsepsi ruang dan waktu tidak dapat terlepas dalam kehidupan manusia. Suatu perjalanan selalu meninggalkan apa yang sudah terlewat di belakang, dan di saat yang sama telah menunggu sebuah jalan yang harus ditapaki. Jalan itu bukanlah jalan yang kosong, banyak hal yang menghiasi dan meramaikannya. Apa yang menunggu di sana ada yang berupa kesenangan tentu pula ada yang berupa kemalangan. Apapun yang ada di sana, saya harus tetap terus berjalan. 
Di titik dimana saya berada sekarang, saya bersyukur, telah diberikan kesempatan untuk hidup, menjalani kehidupan ini dengan penuh berkah dan nikmat. Sudah banyak sekali hal yang saya dapatkan dalam perjalanan saya selama 23 tahun. Pengetahuan adalah anugerah yang sangat berarti bagi saya. Allah telah memberikan saya akal dan hati untuk digunakan mempelajari apa yang saya temui dalam setiap langkah perjalanan kehidupan saya hingga saat ini. Pelajaran dan pengetahuan yang saya dapatkan, membuat saya semakin merasa terberkahi, membuat saya semakin sadar bahwa saya hanyalah makhluk kecil tak berdaya yang hidup di jagat maha luas. Saya sungguh merasa beruntung mendapatkan nikmat pengetahuan tersebut, yang saya sadar itu bahkan tidak lebih besar dari setitik neutron dalam atom. Jalan yang akan saya hadapi selanjutnya merupakan sebuah keniscayaan, namun apa yang menjadi pernik dan hiasannya masihlah rahasia dan misteri Tuhan, saya hanya harus menapakinya saja. Meski demikian saya percaya bahwa apa yang akan muncul menjadi pernik perjalanan saya itu juga bergantung pada apa yang saya pikirkan dan saya inginkan pada saat ini. Apa yang menjadi harapan saya adalah di setiap langkah perjalanan saya, saya akan terus mendapatkan pengetahuan baru yang mendekatkan saya pada Tuhan, keluarga, sahabat, teman dan masyarakat. Saya ingin perjalanan saya dimeriahkan dan diramaikan oleh tawa-tawa, senyuman, dan tangis bahagia orang-orang disekitar saya. Saya ingin menjadi sosok yang selalu membawa dampak positif. Saya ingin setiap dimana saya berdiri dan setiap langkah saya dalam jalan tersebut dapat meniggalkan atau bertumbuhan rumput-rumput hijau, bunga-bunga harum penuh warna, dan pepohonan yang meneduhkan bagi orang-orang yang perjalanannya bersama dengan saya atau untuk yang masih ada di belakang saya. Saya percaya bahwa setiap ada aksi pasti ada reaksi. Energi positif yang ingin saya tebarkan, kelak pasti kembali pada saya. Saya tidak tahu apakah jalan saya itu masih panjang atau tidak, yang saya tahu bahwa tidak ada sebuah akhir untuk perbuatan baik. Itulah yang menjadi doa dan harapan saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar